Labuha – Geliat pengembangan usaha bidang perikanan yang dilakukan Perusahaan Daerah (BUMD) PRIMA NIAGA HALSEL (PERUSDA) mulai menampakkan hasil. Menggandeng PT. OCEAN MITRAMAS dari Jakarta, KSO Perusda-Mitramas mengoperasikan Kapal Processing Ikan berkapasitas 628 GT yaitu KM. MIITRAMAS 6 di pelabuhan perikanan Panamboang. Beroperasi sejak 17 Oktober lalu usaha pembelian ikan cakalang dan tuna oleh KSO Perusda-Mitramas ini telah sukses mengumpulkan volume produksi sebanyak 250 ton dalam waktu kurang dari satu bulan.

Didukung Penuh Nelayan
 Meskipun sempat mengejutkan dan menimbulkan reaksi dari perusahaan perikanan yang sudah ada di Panamboang, KSO Perusda-Mitramas ini mendapat dukungan penuh dari nelayan-nelayan yang beroperasi di pelabuhan perikanan Panamboang. Seperti dinyatakan beberapa kapten kapal nelayan, salah satunya pak Ade, kapten Kapal Kaziwi 01 “kita deng teman-teman nelayan lain mendukung sekali kehadiran KSO Perusda-Mitramas di Panamboang ini, kitorang nelayan diuntungkan sekali, dong harga beli bagus, dong kase es gratis, baru ada uang bonus target produksi lagi, paling penting dong pe timbangan mantap tara meleset “ ungkapnya.

Perusda Mandiri
Perkembangan positif ini lebih jauh diungkap Direktur Perusda M. Arfian, “Ini satu langkah lagi dari Perusda  dalam upaya untuk berdikari mandiri tanpa modal dari Pemda lagi, dan bersiap untuk mulai dapat memberi kontribusi berupa Pendapatan Asli Daerah, khusus untuk persiapan pengiriman 250 ton produksi ikan bulan ini saja KSO Perusda-Mitramas sudah menyetorkan PAD Perikanan sebesar Rp 20 juta rupiah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Halsel, mudah mudahan bulan bulan berikutnya produksi dan setoran PAD dapat meningkat”.

Selaras dengan instruksi Bupati Halmahera Selatan dalam rekomendasi tertulisnya, Perusda akan terus berkoordinasi dengan segenap pihak dan berharap untuk dapat mendukung kegiatan usaha KSO Perusda-Mitramas di bidang perikanan ini agar selanjutnya Perusda dapat lebih maju dan terutama masyarakat nelayan Halmahera Selatan akan lebih sejahtera.