Objek wisata pantai masih menjadi pilihan utama bagi warga kota Ternate, termasuk di sejumlah kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara (Malut) dalam memanfaatkan libur Tahun Baru hari ini (Jumat).

Ternate, 1/1 (Antara/FINROLL Lifestyle) - Objek wisata pantai masih menjadi pilihan utama bagi warga kota Ternate, termasuk di sejumlah kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara (Malut) dalam memanfaatkan libur Tahun Baru hari ini (Jumat). 

"Kami lebih memilih berlibur ke objek wisata pantai pada hari libur Tahun Baru ini, karena objek wisata pantai lebih menyenangkan. Di sana kami bisa berenang di laut sepuasnya," kata Saiful, warga Ternate yang akan ke objek wisata pantai Sulamadaha, Ternate, Jumat. 

Objek wisata pantai yang banyak dituju warga Ternate pada hari libur Tahun Baru ini adalah pantai Sulamadaha dan pantai Durpedu. Kedua pantai ini letaknya hanya 15 kilometer dari pusat kota Ternate. 

Ia mengatakan, di Ternate sebenarnya banyak pula objek wisata lainnya yang bisa di menjadi tujuan berekreasi pada hari libur Tahun Baru ini, seperti benteng peninggalan Portugis dan Belanda, tapi di objek wisata itu tidak ada fasilitas yang bisa membuat pengunjung tinggal berlama-lama. 

Di Ternate juga ada danau Tolire yang bisa menjadi tujuan berlibur, tapi tepi danau itu curam, sehingga pengunjung tidak bisa berenang di dalamnya. Pengunjung hanya bisa air danau dari atas dan itu membosankan bagi pengunjung. 

Warga Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), menurut Kadis Pariwisata Halsel, Amiruddin, masyarakat warga di daerah itu juga banyak memanfaatkan hari libur Tahun Baru di sejumlah objek wisata pantai di daerah itu. 

Salah satu objek wisata pantai di Halsel yang banyak dikunjungi warga setempat, khususnya warga kota Labuha adalah objek wisata pantai Pulau Nusa Raa. Hari ini (1/1) ada ribuan warga yang mengunjungi pulau yang telah ditetapkan sebagai icon pariwisata Halsel itu. 

"Banyak warga Labuha dan daerah lainnya di Halsel, terutama kalangan remaja yang berlibur ke Pulau Nusa Raa tersebut sejak Kamis kemarin. Mereka merayakan pergantian tahun di sana," kata Amiruddin. 

Warga Kota Tidore Kepulauan (Tikep) juga banyak memanfaatkan hari libur Tahun Baru dengan mengunjungi objek wisata pantai di daerah itu, di antaranya objek wisata pantai Pulau Maitara, yang keindahan pantainya sudah terkenal sampai ke mancanegara. 

Sementara itu, ketarangan dari Polda Malut menyebutkan sejauh ini belum ada laporan adanya kecelakaan yang mengakibatkan jatuhnya korbang atau gangguan kamtibmas terkait dengan perayaan Tahun Baru. (T.L002/01-01-2010)